sabungayam7777.net – Penyakit ayam ngorok memang sangat meresahkan masyarakat penghobi sabung ayam di dunia. Bagaimana tidak, jika ayam kesayangan yang sudah terlanjur mengalami gejala ngorok. Maka lambat laun ayam tersebut akan mudah lelah dan kesulitan bernafas hingga menyebabkan kematian.

resep tradisional ayam ngorok

resep tradisional ayam ngorok

Penyakit ayam ngorok disebabkan adanya inveksi bakteri yang terdapat pada sistem pernafasan ayam aduan kita. Oleh karena itu lendir yang terdapat pada kerongkongan ayam aduan akan menghalangi keluar masuknya udara.

Untuk itu kami akan memberikan pengalaman pribadi bagaimana menyembuhkan penyakit ayam ngorok menggunakan resep tradisional turun temurun dari agen sabung ayam ataupun bagi anda yang malas membuat obat sendiri dapat membeli di toko-toko obat. Tapi namanya ayam kesayangan, pastinya kita akan membuatkan resep obat sendiri.

Bagi penghobi sabung ayam zaman dulu, penyakit ayam ngorok sudah sering ditemui oleh kalangan peternak ayam bangkok. Tapi mereka tidak terlalu serius menanggapi masalah tersebut karena sudah memiliki resep paling ampuh untuk mengobatinya. Hingga sekarang, resep tersebut masih dipakai pada generasi zaman sekarang secara turun temurun. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui varian apa saja yang digunakan untuk membuat obat ayam ngorok tradisional yang ampuh tersebut.

Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan untuk mengobati penyakit ayam ngorok :

  • Bawang Putih
    Untuk bahan yang satu ini, pasti sudah banyak yang mengetahui cara pemakaiannya. Bawang putih dapat membantu dalam meredakan masalah pernafasan ayam. Caranya adalah dengan memarut bawang putih dan diambil sarinya, kemudian untuk diminumkan pada ayam yang terkena penyakit ngorok. Khasiat lainnya penggunaan bawang putih selain mengobati sakit ngorok juga dipercaya sebagai obat cacing dan menambah nafsu makan ayam aduan.
  • Daun Sirih
    Daun sirih sangat populer dikalangan penghobi sabung ayam saat ini. Karena paling mudah digunakan dan sangat manjur. Caranya adalah dengan merebut lima helai daun sirih dalam satu gelas air bersih. Lalu dicampurkan dengan perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian diminumkan kepada ayam yang terkena sakit ngorok ketika masih hangat. Pilih daun sirih merah karena lebih bagus. Obat ini diberikan kepada ayam yang terkena sakit ngorok dua kali dalam sehari (Pagi dan Sore).
  • Getehan

    Tanaman Getehan

    Tanaman Getehan

    Biasanya yang menggunakan obat tradisional satu ini merupakan kalangan penghobi sabung ayam di daerah Pantai Utara Jawa. Karena bahan ini sangat mujarab dan ampuh sekali untuk mengobat masalah ngorok ayam. Ayam yang terserang penyakit ngorok jika diberikan bahan ini pada sore hari, pagi hari penyakitnya sudah hilang. Tanaman getehan ini adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh disemak belukar. Buahnya merah dan berdaun lebar. Akan tetapi, tanaman ini sangat sulit ditemukan.
    Penggunaannya adalah buah yang sudah matang berwarna merah ditumbuk lalu diambil sarinya. Kemudian minumkan kepada ayam yang sakit. Jika ayam aduan belum juga sembuh, ulangi pemberian resep ini setiap sehari sekali. Waktu malam adalah paling cocok pemberian bahan satu ini.

  • Obat Manusia
    Jika beberapa bahan diatas belum memberikan efek apapun. Anda juga bisa membeli dari toko obat. Obat yang dianjurkan adalah Bodrex Flu dan Batuk. Jika Anda membelinya yang kapsul, tumbukkan hingga halus. Lalu campurkan ke air hangat untuk diminumkan ke ayam yang sakit.

Demikianlah beberapa tips obat tradisional ayam ngorok yang ampuh. Menurut Sabung Ayam Online, banyak ayam yang terkena penyakit akibat terjadi perubahan cuaca yang mendadak seperti hujan tiba-tiba panas. Berilah vitamin yang cukup untuk ayam kesayangan Anda agar kekebalan tubuhnya meningkat. Salam.

You may also like

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.