sabungayam7777.net – Jenis – Jenis Ayam Birma Asli Pilihan, dalam dunia Sabung Ayam, para juragan ayam yang menggemari ayam birma sebagai ayam aduan, pastinya mengetahui betul kelebihan mereka. Ayam aduan asal Myanmar ini mempunyai kelebihan dari segi kecepatan karena tulangannya yang lentur dan juga ringan. Ayam birma merupakan ayam aduan tipe pukul yang juga bisa dilatih menjadi tipe taji, maka dari itu, tidak heran apabila banyak pemain sabung ayam di Filipina juga menggemari ayam birma. Seperti yang mungkin sudah sering para juragan saksikan dalam siaran langsung oleh Agen Sabung Ayam.

Jenis - Jenis Ayam Birma Asli Pilihan

Dikenal juga dengan sebutan pama, ayam aduan yang satu ini pun sudah menjadi pilihan para peternak untuk persilangan guna menghasilkan bibit ayam aduan unggulan. Melalui artikel ini, tim sabungayam7777.net akan membahas tentang jenis – jenis ayam birma asli yang bisa anda pilih. Berikut adalah pembahasan selengkapnya dalam kumpulan berita tentang Sabung Ayam Online.

Jenis – Jenis Ayam Birma Asli Pilihan

1. Ori

Ayam birma asli sering disebut dengan birma ori di pasaran. Mereka merupakan keturunan asli tanpa campuran dari ayam aduan jenis lainnya. Secara umumn, ayam birma atau pama ori lebih kecil dari ayam aduan pada umumnya. Tulangan mereka yang tipis dan lentur memang bukan favorit semua pehobi sabung ayam, namun ini memberikan mereka kelebihan dalam kecepatan. Tentu saja kecepatan menjadi salah satu faktor keunggulan yang paling diincar pada bebotoh. Ini juga yang menjadi faktor yang membuat para peternak ayam aduan menggunakan ayam birma sebagai indukan. Ciri fisik ayam birma adalah ukuran tubuh mereka yang lebih kecil namun berotot. Warna bulu lebat mereka biasanya tidak mempunyai banyak variasi. Warna jalak, kelabu, hitam dan coklat, paling sering ditemukan pada ayam birma ori.

2. Gostan

Jenis ayam birma asli yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer di kalangan botoh tua. Birma atau pama gostan terkenal dengan teknik bertarung maju mundur mereka. Kalau dari segi fisik, pama gostan mempunyai bentuk dan ukuran yang serupa dengan ayam birma ori. Kendati demikian, mereka mempunya warna bulu yang lebih terang. sama halnya dengan warna kakinya. Pama gostan mempunyai teknik bertahan yang sangat efektif, memanfaatkan teknik maju mundurnya.

3. Rambong

Kata rambong sendiri bisa diartikan sebagai penari. Bobot mereka tidak berbeda dengan ayam pama ori, namun mereka mempunyai warna bulu yang unik pula seperti ayam pama gostan. Dari segi penampilan, sangat sulit untuk membedakan ayam pama rambong dengan ayam pama gostan. Gerakan lincah bak penari mereka bisa menjadi tontonan yang sangat menarik. Namun, mereka sangat jarang menggunakan paruh untuk menyerang lawan. Arah pukulan mereka biasanya merupakan gaya pukul samping kiri kanan yang diarahkan pada bagian kepala lawan.

4. Mabin

Secara keseluruhan, mereka mempunyai penampilan seperti layaknya ayam birma biasa, namun mempunyai teknik bertarung kuda lompat. Dengan bobot yang biasanya lebih berat dari ayam birma ori. Bentuk kaki merek jauh lebih bulat dengan warna sisik yang terang. Kelebihan mereka adalah mereka mampu bertarung tanpa terluka parah karena teknik kuda lompat mereka membuat lawan kesulitan untuk mendaratkan pukulan telak.

5. Malow

Mereka terkenal mempunyai berat badan hingga 3,5 Kg layaknya ayam bangkok. Mereka mempunyai tulangan yang lebih besar daripada ayam birma pada umumnya. Tidak mempunyai kecepatan dan kelenturan, birma malow mempunyai cara bertarung yang unik, yaitu dengan berlari keliling lapangan sebelum menyerang lawan. Warna bulu coklat merah merupakan ciri khas ayam aduan ini.

6. Kradungtong

Sering juga dikenal dengan nama kancing emas oleh para botoh tua. Nama yang mereka dapatkan ini tak lain adalah karena ukuran tubuh mereka yang kecil ternyata bisa mempunyai bobot hingga 3Kg. Selain itu, warna bulu mereka berwarna kuning emas seperti ayam bangkok wangkas emas atau wiring kuning. Kecilnya tubuh mereka malah menjadi keunggulan mereka dalam arena sabung ayam. Mereka sangat sulit untuk diterkam atau dikunci lawan.

7. Mabok

Dengan berat rata-rata 3Kg, pama mabok merupakan salah satu dari beberapa ayam birma dengan tulangan yang lebih tebal dan kokoh. Mereka merupakan jenis ayam aduan yang mempunyai tingkat jumlah pukulan yang sangat tinggi. Mendapatkan nama mabok adalah karena mereka tidak mempunyai keseimbangan yang baik, mereka sering terjatuh ke tanah setelah melancarkan pukulan.

8. Thai/Mathai

Salah satu hasil persilangan ayam pama yang paling populer adalah ayam mathai. Ayam aduan yang satu ini merupakan hasil persilangan dari ayam pama dengan ayam bangkok. Ayam mathai biasanya mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar dari pama ori, namun masih lebih kecil dari ayam bangkok.

9. Magon

Hasil persilangan antara saigon dan birma merupakan salah satu yang terbaik dalam dunia Sabung Ayam. Mewarisi gen ayam saigon, tulangan magon tentu saja lebih besar dan kokoh, sehingga bobot mereka bisa mencapai 4Kg, berat di atas rata-rata ayam aduan, terutam ayam birma. Sayangnya, bulu mereka tidak sebagus dan selebat ayam birma pada biasanya. Seperti yang para juragan ketahui, ayam saigon dikenal dengan ayam gundul karena tidak  mempunyai bulu yang lengkap. Kaki mereka lebih besar dan bulat dengan warna sisik gelap. Mereka tidak mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan, namun kekuatan pukulan mereka merupakan yang terkuat dari jenis-jenis ayam birma asli.

10. Pakhoy/Makhoy

Hasil persilangan antara birma ori dengan ayam Malaysian Khoy, yang dikenal dengan bulu lebat sebagai perisai dari taji lawan. Mereka mempunyai bobot tubuh hingga 3Kg dan mempunyai ukuran kaki seperti birma ori, namun sisik kaki yang cerah. Dikenal juga dengan pakhoy, ayam aduan ini paling sering menggunakan paruhnya untuk menyerang. Mereka mempunyai teknik bertarung layaknya ayam bangkok yaitu teknik ngunci.

Simak Juga : Tips Dalam Memilih Pacek Serta Babon Terbaik

You may also like

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.