sabungayam7777.net – Ayam aduan peliharaan pastinya butuh perawatan yang bagus untuk menjaga penampilan sang ayam aduan tetap tampil oke. Dengan memiliki tubuh yang tegap, bulu yang indah dan juga harus menjaga kebersihan tubuh agar terlihat segar. Jika Anda sangat menyayangi ayam aduan yang dipelihara, perlu diketahui cara memandikan ayam aduan agar tidak salah. Banyak para pemula Sabung Ayam yang memandikan ayam aduan kesayangannya dengan asal-asalan. Padahal memandikan ayam juga berpengaruh pada performa pertarungan sang ayam aduan.

Ayam aduan baiknya dimandikan setiap hari untuk menjaga kebersihan pada tubuh ayam agar kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulu bersih. Dengan memandikan ayam setiap hari, dapat berpengaruh pada kondisi psikologis ayam tersebut dan membuat ayam aduan menjadi prima. Selain itu, penampilan sang aduan ayam juga akan terlihat lebih oke dan mempesona.

Cara Memandikan Ayam Aduan Yang Benar

Cara Memandikan Ayam Aduan Yang Benar

Menurut Agen Sabung Ayam, waktu yang paling tepat untuk memandikan ayam adalah sekitar jam 8 pagi. Mandikan ayam tersebut menggunakan air bersih biasa. Jika Anda memandikan ayam menggunakan air hangat, maka akan merusak jaringan tubuh dan pertumbuhan bulu ayam aduan. Jangan lupa untuk menyediakan handuk kering dan basah.

Setelah menyiapkan air bersih yang diperlukan untuk memandikan ayam aduan, selanjutnya Anda harus mengapit kedua kaki pada posisi membelakangi Anda. Tundukkan kepala ayam aduan lalu basuh kepalanya dengan sabun ataupun busa yang sudah dibasahi dengan air bersih secara pelan. Posisi menundukkan ini berguna untuk mempermudah air turun yang membasahi muka ayam.

Lakukan secara perlahan agar sang ayam tidak terkejut. Masih dalam posisi yang sama, leher ayam dipegang dengan tangan kiri, lalu tangan kanan menguyurkan air secara perlahan-lahan hingga bagian tengkuk sampai pangkal sayap. Setelah itu, ambil handuk kering tersebut untuk dibasuh agar tidak terlalu basah di bagian bulu hiasnya. Kemudian dada juga dibasuh menggunakan handuk hingga ke bagian belakang ayam aduan. Bagian belakang yakni kloaka, yang mana kotoran sering menempel dibagian ini.

Lalu basuh bagian sayap sampai ketiak ayam aduan menggunakan handuk basah serta bagian paha dan kaki-kaki ayam dibasahi hingga benar-benar bersih. Terakhir, bagian brutu (dubur ayam) harus dibersihkan. Perlu diingat bahwa bagian perlu tidak perlu dimandikan karena jika terlalu banyak terkena air, maka akan merusah bulu-bulu sehingga menjadi kusut dan mudah patah. Begitu juga handuk yang dipersiapkan juga harus di cuci setiap hari dan bersih.

Jika proses memandikan ayam sudah selesai, kurung ayam aduan di bawah terik matahari agar tubuhnya yang basah menjadi kering. Sinar matahari sebelum jam 10 pagi sangat baik bagi tubuh dan kesehatan ayam aduan.

Penjelasan cara memandikan ayam yang benar menurut Sabung Ayam Online diatas dapat membuat ayam terlihat bersih, segar, dan mempesona. Rawat ayam aduan Anda sebaik-baik mungkin, jika ingin mendapatkan ayam aduan yang bagus. Perhatikan cara yang benar dan pelan-pelan saat ingin memandikan ayam aduan.

 

You may also like

One Response Comment

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.