sabungayam7777.net – Selain mendapatkan anakan ayam bangkok dari keturunan indukan asli trah juara, anakan ayam bangkok juga harus mendapatkan perawatan dan latihan agar menjadi jawara tarung di kemudian hari. Untuk para penghobi sabung ayam sungguh tahu bagaimana pentingnya proses perawatan anakan ayam bangkok hingga dewasa nanti.

Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok

Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok

Kita pasti mencari-cari indukan ayam bangkok yang bagus untuk mendapatkan anakan ayam bangkok berkualitas. Tapi kita juga harus mengenal bagaimana cara merawat anak ayam bangkok yang baik dan benar. Berikut yang sudah Agen Sabung Ayam rangkum terdapat lima aspek utama budidaya anakan ayam bangkok seperti Kandang, Pakan, Suplemen atau Vitamin, Perawatan Cabut Bulu, dan pemeliharan intensif dalam kandang.

  1. Pengawasan Terhadap Kandang Anakan Ayam Bangkok

    Sebelum menempatkan anak ayam bangkok di dalam kandang, perhatikan kebersihan dan kelayakan tempat tinggal anak ayam bangkok tersebut. Karena anak ayam yang baru menetas hingga usia 3 hari sangat rentan merenggang nyawa. Perawatan anak ayam bangkok pada masa itu harus benar-benar dilakukan secara intensif untuk menekan kematian yang terjadi pada anak ayam bangkok.
    Anak ayam bangkok yang baru lahir membutuhkan kehangatan dari induk ayam tersebut. Anda bisa menaruh indukan babon ayam ke dalam kandang tersebut untuk anakan ayam merasa hangat. Jika anakan ayam bangkok yang menetas dibantu dengan mesin tetas, Anda juga bisa menggunakan bantuan bola lampu sebesar 5-40 watt sesuai dengan ukuran kadang untuk menjaga suhu dalam kandang tetap hangat.
    Selain menjaga suhu dalam kandang, Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara yang masuk ke dalam kandang. Sebaiknya kandang yang dibuat untuk anak ayam bangkok memiliki rongga yang lebih rapat untuk mencegah aliran udara secara langsung. Karena aliran udara membawa bibit penyakit yang sangat rentan bagi anak ayam bangkok yang baru lahir.

  2. Pemberian Pakan Anakan

    Untuk pemberian pakan ayam pada anak baru menetas tidak di perlukan, karena anak ayam yang baru menetas masih memiliki cadangan makanan yang menempel pada tubuhnya yakni kuning telur yang menempel pada bulunya. Jadi untuk usia yang masih rentan tersebut, hanya cukup diberikan air saja. Untuk selengkapnya ada di artikel Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Melalui Pakannya.

  3. Suplemen Dan Vitamin

    Setelah anakan ayam bangkok berusia 1 bulan, Anda dapat memberikan pakan dengan komposisi berbeda dan suplemen tambahan kepada anak ayam bangkok. Sebagai contoh, pemberian pakan anak ayam bangkok dicampur dengan susu bubuk bayi dengan perbandingan 5 : 1.
    Pemberian susu bubuk bayi kepada anak ayam bangkok berpengaruh besar pada pertumbuhan tulang, otot dan bagian tubuh lainnya. Untuk pemberian susu bubuk bayi seharusnya diberikan pada usia anak ayam bangkok 1 Р4 bulan. Penggunaan susu bubuk bayi yang sudah bekas atau kadalurasa juga bisa dipakai aman, jika susu bubuk bayi sangat mahal di pasaran.

  4. Perawatan Cabut Bulu

    Perawatan cabut bulu sebaiknya dilakukan pada usia 3 minggu pada bulu bagian sayap dan ekor. Jika usia ayam yang sudah berusia 2 bulan atau setelah bulu leher dan punggung mulai rontok, segera cabut bulu-bulu yang tersisa terutama bagian dada dan pahanya. Bulu-bulu anak ayam bangkok menghabiskan banyak porsi gizi dari makanan yang dikomsumsinya, oleh karena itu cabut dan potong sebagian bulunya agar anak ayam bangkok cepat tumbuh besar.
    Perawatan cabut bulu ini berguna untuk mengoptimalkan serapan makanan untuk pertumbuhannya dan juga dapat mempertebal kulit disaat pertumbuhan anak ayam bangkok.

  5. Perawatan Insentif Dalam Kandang

    Pada saat dalam masa pertumbuhan bulu rawis dan leher tumbuh atau usia hingga 6 bulan sebaiknya dilakukan dalam kandang saja. Upaya ini dilakukan agar menghindari anak ayam bangkok menyia-nyiakan energi karena terlalu banyak bermain. Energi ini seharusnya digunakan untuk membuat pertumbuhan tubuhnya. Jika Anda ingin memberikan anak ayam bangkok bermain diluar kandang, setidaknya jangan lebih dari 30 menit dalam sehari.

Ayam Bangkok Kelabu

Ayam Bangkok Kelabu

Perawatan anakan ayam bangkok harus sangat diperhatikan untuk mencetak ayam petarung yang handal. Demikianlah tips dari Sabung Ayam Online yang bisa dilakukan para peternak ayam bangkok agar cepat besar. Silahkan dilakukan sesuai dengan tips diatas. Salam.

You may also like

One Response Comment

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.