sabungayam7777.net – Beberapa Jenis Ayam Asil Paling TangguhAyam Asil atau Ayam Aseel, dikenal sebagai salah satu jenis ayam aduan yang ditemukan di dataran antara India dan Pakistan. Mereka juga merupakan salah satu jenis ayam aduan tertua di dunia. Para juragan ayam yang mengenal ayam aduan yang satu ini, pastinya tahu betul bahwa mereka mempunyai ukuran yang besar dengan postur tubuh yang tegap dan atletis. Para peternak di India dan Pakistan, berlomba-lomba untuk menyilangkan ayabm aduan ini guna mendapatkan keturunan terbaik untuk menjadi juara di dalam arena Sabung Ayam.

Beberapa Jenis Ayam Asil Paling Tangguh

Melalui kesempatan kali ini, Agen Sabung Ayam akan membahas tentang Enam Jenis Ayam Asil Yang Paling Tangguh menurut para botoh tua. Tim sabungayam7777.net sudah mengumpulkan sejumlah informasi untuk merangkum pembahasan dalam kumpulan artikel tentang sabung ayam berikut ini.

Enam Jenis Ayam Asil Yang Paling Tangguh

Terbiasa hidup di dataran tinggi perbatasan India dan Pakistan, ayam asil/aseel mempunyai stamina yang sangat tinggi. Menurut para botoh tua, ayam aseel mampu bertarung selama 2 jam lebih tanpa henti. Mereka merupakan ayam aduan tipe pukul yang terkenal dengan tulangan dan juga otot yang tumbuh sempurna. Karena tulangan mereka yang kuat, mereka juga sangat tahan pukul. Dengan segala kelebihannya, ayam asil pun sering disilangkan dengan ayam aduan lainnya, sampai saat ini, sudah ada enam jenis ayam asil yang dianggap mempunyai kualitas juara. Berikut adalah Enam Jenis Ayam Asil Yang Paling Tangguh yang berhasil diliput oleh situs Sabung Ayam Online.

  • Amroha Asil

    Merupakan salah satu yang paling langka dan paling dicari di Pakistan dan India. Mereka berasal dari daerah Amroha di India, ayam aduan yang satu ini sangat jarang ada yang berdarah asli tanpa campuran dengan ayam aduan lainnya. Ukuran mereka dikategorikan sebagai ukuran medium sama seperti dengan mianwali asil. Amroha asil mempunyai bulu yang lebat, kilat dan kasar. Bentuk tubuh mereka cenderung bulat, terutama pada bagian kepala mereka yang dilengkapi dengan paruh yang sangat kuat. Selain itu, bentuk leher mereka juga sangat mirip dengan ular kobra apabila anda mengangkatnya dengan tangan. Pada umumnya, mereka mempunyai bulu dada berwarna merah atau coklat.

    Mereka juga dapat dengan mudah dikenali dari ayam asil lainnya dari ukuran kaki. Mereka mempunyai ukuran kaki pendek dengan ukuran paling panjang tidak lebih dari 4cm, ukuran telapak mereka juga sangat kecil. Amroha asil mempunyai tulangan yang padat dan kokoh, karena itu, walaupun mereka berukuran sedang ke kecil, berat tubuh mereka bisa mencapai 2Kg tergantung dari pola makan mereka. Secara keseluruhan, mereka sangat menarik secara penampilan luar, selain itu mereka juga sangat aktif dalam mengeluarkan suara.

  • Jawa Asil

    Jawa/Java asil merupakan ayam petarung yang paling sering digunakan di Pakistan dan India. Biasanya ditemukan di daerah Punjab, mereka dapat dikenal dengan bulu kuning dan hitam mereka. Ada juga yang berwarna merah hitam atau jingga. Mereka merupakan ayam asil yang mempunyai teknik bertarung paling unggul. Kendati demikian, mereka mempunyai kelemahan pada bagian kaki mereka yang panjang. Ayam aduan yang satu ini juga sangat jarang menghindari pukulan lawan. Tinggi Java asil dilaporkan bisa mencapi 50cm dengan berat 7-8Kg.

  • Kulang Asil

    Dengan tinggi bisa mencapai 75cm, kulang asil bisa dikatakan sebagai ayam asil terbesar. Biasanya ditemukan di bagian Utara dan Selatan India. Kulang asil dari bagian Utara dan Selatan dibedakan oleh beberapa ciri-ciri, kulang Utara lebih langsing, sedangkan kulang Selatan lebih berotot. Adapun kulang asil dari daerah madras yang terkenal mempunyai keseimbangan tinggi, mempunyai bobot yang lebih berat dan juga tulangan yang lebih kuat. Biasanya, kulang asil asal Madras mempunyai bulu kebiruan.4

  • Madras Asil

    Merupakan ayam asil dengan bobot paling berat. Mereka mempunyai paruh yang panjang dan sangat piawai dalam melompat dan sering digunakan sebagai ayam tipe taji. Sering ditemui di daerah Tamilnadu dimana pertarungan tipe taji lebih populer.

  • Mianwali Asil

    Biasanya ditemukan di daerah Mianwali Pakistan dan sangat populer di kalangan masyarakat lokal. Mereka juga merupakan favorit para pehobi judi sabung ayam. Mempunyai ukuran yang lebih kecil dari Sindhi Asil dengan berat hingga 3,5Kg. Mianwali asil mempunyai kecepatan yang lebih baik dan biasanya berukuran kecil dan sedang. Ayam mianwali asil yang berkualitas biasanya akan dengan mudah mengalahkan lawan hanya dalam waktu beberapa menit.

    Popularitas mereka juga meningkat karena kemampuan mereka dalam mengalahkan ayam aduan yang lebih besar darinya. Serangan mereka sangat mematikan dan akurat dan secara mental, mereka juga tidak tertandingi. Ayam ini juga dikenal sebagai ayam serba bisa, mereka bisa menggunakan jalu dan juga taji pisau dengan baik.

    Mianwali asil juga sering digunakan sebagai indukan karena mereka terkenal sering menurunkan kemampuan mereka kepada anakannya. Ciri khas fisik mereka adalah paruh melengkung yang pendek, persendian tulang yang kokoh, warna mata putih, kuning atau mutiara. Mempunyai bulu yang pendek dan perawakan yang ringan. Secara sepintas, terlihat lebih kecil dari ayam aduan lainnya, namun mereka merupakan salah satu ayam petarung paling tangguh.

  • Sindhi Asil

    Berasal dari Sindh, salah satu provinsi terbesar di Pakistan, ayam aduan yang satu ini bisa dikenal dengan mudah dari tingginya. Mereka juga mempunyai bobot yang berat dan sangat piawai dalam beraksi di dalam arena sabung ayam. Sehingga tidak heran apabila ayam Sindhi asil hanya dikembangbiakkan hanya untuk keperluan sabung ayam. Tubuh mereka berotot namun sangat kompak dengan bahu lebar, sayap yang menempel rapat, bulu pendek kasar dan paruh seperti layaknya burung elang.

Simak Juga : Tips Melatih Pukulan Penghancur Pada Ayam Bangkok

You may also like

One Response Comment

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.